Dedy Purwanto

Server Murah Meriah

09 Apr 2015

Ini adalah perkembangan dari tes server murah meriah di Digital Ocean, pada dasarnya saya ingin memiliki server yang bisa dipakai untuk hal-hal pribadi (web development, blog, dll) yang sifatnya sangat ringan, bisa dihapus sewaktu-waktu, ekperimental dan harus bisa "diapa2in" stacknya tanpa harus terpaku oleh provider. Kriterianya:

Setelah survei akhirnya saya memilih DigitalOcean VPS dengan paket $5/bulan (1 core, 512MB RAM, 20GB SSD) yang kemudian 8GBnya saya jadikan swap.

Setelah beberapa hari dijalankan dan di load test menggunakan Siege, ternyata cukup tahan juga untuk skala pribadi, berikut service yang sedang saya jalankan:

Berikut adalah monitoring server selama 24 jam terakhir:

NewRelic

Tentu saja ada performa yang harus dikorbankan tapi untuk skala pribadi performanya terasa lebih dari cukup, jika saya punya project eksperimen yang nantinya harus diseriuskan, saya cukup jalankan VPS terpisah dengan spesifikasi lebih tinggi. Keuntungannya menggunakan VPS kecil + swap ini ketimbang PaaS atau shared hosting seperti Webfaction adalah untuk menjalankan beberapa aplikasi / service, kita tidak harus terpaku pada limit memory yang diberikan, jika tidak cukup, kita bisa tambahkan sendiri melalui swap. Untuk skala pribadi ini berguna sekali karena performa bukan prioritas, yang lebih ditekankan adalah fleksibilitas dalam melakukan berbagai hal tanpa harus ada restriksi (terutama RAM).

Seringkali saya terhalang untuk hosting project pribadi di server yang dulu karena terpaku pada RAM dan fleksibilitas (dulu saya pakai shared hosting), dan harganya pun lebih mahal, dimulai dari $10 dan kelipatannya untuk setiap penambahan RAM 512MB/1GB. Dengan paket $5 dari DO yang saya tambahkan swap ini, saya bisa setup berbagai macam hal, resikonya adalah:

Resiko diatas secara pribadi bisa diterima karena tidak ada data dan sistem penting yang ada di server, semua yang ada di server (konfigurasi, project dan data) juga ada duplikatnya di GitHub, Bitbucket atau S3.

Dengan begini saya punya fleksibilitas untuk meletakkan software seperti web pribadi, jenkins, git server, chat server atau apapun juga karena saya punya full access ke server, dan harganya termasuk sangat murah sehingga tidak jadi beban kalaupun servernya tidak saya sentuh berbulan-bulan :)





© Dedy Purwanto | Archives