Dedy Purwanto

Jupiter

14 Apr 2014

Saya sering memandang ke langit dan membayangkan jika asteroid sebesar gunung Kilimanjaro jatuh ke Bumi saat ini, teknologi apa yang kita miliki sekarang, yang dapat mencegah kehancuran masal tersebut?

Seperti yang kita ketahui, Bumi sudah seringkali dijatuhi meteor. Bumi sendiri terbentuk dari hasil karambol luar angkasa; Jutaan meteor, beradu satu dengan yang lain selama milyaran tahun, di tarik ulur oleh gravitasi hingga terbentuk planet yang kita kenal dengan nama Bumi. Meteor, adalah awal dari kehidupan di Bumi.

Di saat yang sama, meteor juga pembawa bencana bagi kehidupan. Jutaan tahun yang lalu, meteor mampir di padang Meksiko, dengan keuatan lebih dari satu trilyun bom yang menghancurkan Hiroshima pada tahun 1945. Meteor tersebut memusnahkan 70-persen kehidupan di Bumi. Mungkin sudah sering kali meteor jatuh dan membawa kematian bagi kehidupan di Bumi jutaan tahun yang lalu, siapa yang tahu.

Saya terkadang membayangkan bagaimana jika meteor yang cukup besar jatuh ke Bumi sekarang, apa kita punya cukup cara untuk mencegah tamu tak diundang tersebut? atau kita akan punya nasib yang sama seperti nenek moyang kita jutaan tahu yang lalu, dilenyapkan oleh meteor?

Hari ini ketika menonton Discovery Channel, saya menemukan bahwa ternyata Bumi punya bodyguard. Pelindung ini men-tamengi Bumi dari bencana yang memusnahkan nenek moyang kita jutaan tahun lalu. Namanya adalah Jupiter.

Jupiter, sebuah monster. Sebagai planet terbesar di tata surya kita, Jupiter memiliki gravitasi yang luar biasa kuat, sangat kuat, menghipnotis objek-objek disekitarnya untuk mendekat, termasuk asteroid. Yang lebih luar biasa lagi, Jupiter ternyata meng-orbit pada posisi yang sangat tepat untuk melindungi Bumi dari asteroid.

Beberapa waktu yang lalu, asteroid yang cukup besar menghantam Jupiter, asteroid yang dipercaya kemungkinan akan menabrak Bumi, jika tidak ada Jupiter. Asteroid tersebut adalah salah satu yang terbesar yang pernah direkam. Katakan asteroid tersebut jatuh sebagai meteor ke Bumi, mungkin manusia akan musnah.

Ini adalah salah satu masa dimana pikiran saya lagi-lagi terbuka oleh keajaiban alam semesta. Selama ini saya sering berpikir planet-planet lain yang mengintari Matahari kita punya relasi yang banyak dengan Bumi, namun saya keliru. Jupiter, sabagai raksasa, ternyata adalah salah satu pelindung kehidupan di Bumi dari kehancuran. Terima kasih, Jupiter.





© Dedy Purwanto | Archives