Dedy Purwanto

HHKB Pro 2 akhirnya sampai

04 Feb 2014

Beberapa minggu yang lalu, saya pernah menulis tentang petualangan saya mencari mechanical keyboard yang cocok. Garis besarnya dengan semakin tahu tentang seluk-beluk keyboard yang sesungguhnya, saya semakin menganggap keyboard yang ada dipasaran jauh lebih inferor dibandingkan dengan keyboard mekanikal; yang menggunakan switch mekanikal dan memberikan feel yang lebih nyaman ketika mengetik. Pada saat itu saya memutuskan HHKB Pro 2 ada mekanikal keyboard selanjutnya yang akan saya coba. Beberapa hari kemarin, saya menemukan sebuah reselller yang menjual keyboard ini dengan harga yang cukup kompetitif, saya memutuskan untuk bite the bullet dan melakukan pemesanan. Setelah beberapa hari tertunda dikarenakan musim libur panjang, akhirnya hari ini keyboard tersebut sampai ditangan dan saya bisa mencobanya firsthand. Apa saja impresi pertama saya terhadap keyboard mekanikal yang menggunakan switch Topre ini?

img

Saya memesan keyboard ini melalui WhiteRabbitExpress (WRE), WRE adalah sebuah layanan di Jepang yang menerima pemesanan barang-barang produksi jepang ke luar negeri, layanan inin sangat membantu pembeli internasional karena banyak sekali entry barrier untuk membeli barang-barang di Jepang seperti pengiriman dan bahasa, bahkan situs-situs seperti Amazon juga belum bisa menyelesaikan masalah ini dengan elegan, sedangkan reseller lain yang basisnya diluar jepang menjual barang-barang dengan harga yang jauh lebih tinggi, semua ini diselesaikan oleh WRE dengan menjadi mediator antara penjual dan pembeli, kemudian WRE akan mengambil untuk 10% atau minimal $30 dari harga barang, dan ongkos kirim akan ditanggung sepenuhnya oleh pembeli, sangat simpel!.

Proses pemesanan dimulai dari meminta quote dari WRE, sederhananya adalah si pembeli me-request harga terbaru dari produk yang ingin dibeli, kemudian WRE akan mengirimkan detail total harga yang harus dibayar jika kostumer tertarik untuk membeli barang tersebut, kemudian melanjutkan ke proses pembayaran dan pengiriman. Saat pertama kali saya me-request quote dari WRE, saya cukup kaget karena respon mereka sangat cepat dan ramah. Ini kontras sekali dengan pengalaman saya berbelanja online di situs lain seperti Amazon dan Github Shop, yang sangat minim komunikasi dan terkesan acuh-tak-acuh. Setelah saya mantap dengan quote yang saya terima, saya melanjutkan ke pemesanan dan pembayaran di WRE. Lagi-lagi saya dibuat kagum dengan sistem e-commerce mereka yang jauh lebih rapi dan konsisten jika dibanding dengan situs lain, terutama Amazon. WRE punya sistem yang sangat mudah dipahami serta memberikan rasa aman; pada saat pertama kali melakukan pembayaran, saya saat itu menggunakan PayPal, ketika menekan tombol "Pay Now", ternyata saya tidak ingat bahwa akun PayPal saya punya alamat Indonesia sedangkan alamat pengiriman adalah Malaysia, untungnya WRE tidak melakukan charge apapun saat itu dan saya bisa me-revert order saya dan membuat pembayaran baru menggunakan kartu kredit.

Setelah melakukan pembayaran barang, sayang mendapat email selanjutnya dari WRE tentang biaya pengiriman (pada hari yang sama), kemudian setelah melakukan pembayaran ongkos kirim, saya mendapatkan nomor seri paket barang saya menggunakan EMS serta link ke situs tracking system milik EMS. Lagi-lagi saya kagum dengan sistem tracking di EMS yang jauh lebih baik dari courier yang pernah saya pakai di Amazon (yang akhirnya saya hampir kehilangan barang yang terselip di gudang courier!). Di EMS, update tentang status terakhir paket saya diperbaharui dengan sangat cepat, dan saya bisa tahu semua detail tentang keberadaan barang saya. Hanya dalam 2 hari, barang saya akhirnya tiba di Malaysia, berhasil melewati customs tanpa harus membayar biaya tambahan, dan dikarenakan libur imlek, akhirnya barang saya tiba hari ini. Overall saya sangat puas dengan layanan WRE dan EMS yang jika dibandingkan dengan Amazon dan courier mereka, sangat jauh lebih baik WRE dan EMS. Komunikasi yang ramah dan responsif serta proses yang cepat adalah salah satu kunci kepuasan saya memakai WRE dan EMS.

img

HHKB Pro 2 saya sampai dengan dibungkus sebuah cardboard dan buble-wrap yang membungkus kotak asli HHKB, cukup kuat untuk memastikan HHKB dan kotak aslinya tidak lecet pada saat proses pengiriman dari Jepang ke Malaysia dilakukan. Ketika mengangkat kotak paket ini, saya cukup kaget dengan beratnya yang cenderung sangat ringan untuk ukuran mekanikal keyboard, saya cukup khawatir dengan kualitasnya mengingat beratnya yang sangat ringan. Ketika dibuka dan memegang keyboardnya, saya baru mulai menyadari bahwa meskipun beratnya meragukan, build quality dari HHKB Pro 2 ini ternyata memang premium, didalam kotaknya terdapat beberapa manual dalam bahasa Jepang, selain itu, hanya ada keyboard dan kabel USB-Mini USB.

img

Saya sudah beberapa jam menggunakan keyboard ini, termasuk untuk menulis artikel ini, saat ini saya belum bisa memberikan impresi tentang feel switch Topre dan HHKB Pro 2 secara general, saya berencana untuk menulis artikel terpisah untuk ini, meskipun sejauh ini memang impresi saya terhadap keyboard ini sangat bagus. Ada beberapa hal yang masih membutuhkan penyesuaian, seperti tombol Delete dan arrow keys yang sekarang berada di letter keys.

img

Well, saya akan menulis artikel terpisah tentang bagaimana HHKB Pro 2 ini bekerja, mulai dari feel, features, dan build quality. So stay tuned.





© Dedy Purwanto | Archives