Dedy Purwanto

Pendengaran Berkurang

30 Dec 2013

Saya belum pernah merasakan menjadi orang berumur, yang kualitas pendengarannya mulai berkurang. Saya kadang berfikir tentang dampak psikologis yang dirasakan ketika salah satu indera kita berkurang kualitasnya. Kali ini saya dapat kesempatan tersebut.

Akhir minggu kemarin setelah pergi berenang, ada semacam kotoran luar yang menyumbat kanal telinga saya, membuat pendengaran saya berkurang sekitar 40-60%, awalnya saya pikir bisa dihilangkan dengan air atau cotton bath. Tapi setelah berjam-jam mencoba, tidak hilang juga dan saya mulai takut. Setelah 2 hari menunggu, hari ini saya konsultasikan ke dokter dan diberi estimasi 5 hari untuk sembuh dengan obat yang diberikan.

Beberapa hari berjalan dengan pendengaran yang berkurang, banyak perbedaan yang saya rasakan. Saya harus jauh lebih menyimak ketika orang lain berbicara, terkadang ada orang yang tersinggung karena saya tidak mendengar apa perkataan mereka, kemudian saya pun jadi ikut tersinggung.

Saya juga gemar mendengarkan musik ketika bekerja, kualitas musik yang saya dengarkan melalui earphone jauh berkurang. Untungnya tidak ada indikasi penyakit lainnya (demam, dll). Saya masih bisa beraktifitas seperti biasa, hanya saja dengan pendengaran yang berkurang.

Satu hal yang saya rasakan, dengan pendengaran yang berkurang, saya secara tidak sadar menjadi lebih fokus pada apapun yang saya kerjakan, lebih sedikit merasakan bising, dan lebih tenang (tidak ada perasaan gemetar tanpa sadar seperti biasanya). Cukup unik.

Setidaknya saya belajar satu dua hal, terutama menghargai orang-orang yang berbeda dengan saya secara general, dan mereka yang sudah berumur.

Semoga tidak berlangsung lama agar bisa 100% fit kembali.





© Dedy Purwanto | Archives