Dedy Purwanto

Gudang foto diWordPress

20 May 2008

image Selama ini aku menggunakan layanan-layanan image-hosting seperti Flickr dan PhotoBucket dan yang lainnya untuk keperluan menyimpan file-file gambar, namun ada pembatasan pemakaian untuk pengguna yang melakukan setup secara free. Flickr misalnya, layanan ini membatasi penggunanya untuk mengupload tidak lebih dari 200 file gambar, kemudian PhotoBucket juga membatasi penggunanya untuk tidak mengupload gambar yang dimensinya lebih dari 1024x768. Pembatasan seperti ini (terutama storage atau limit file) sangat menjengkelkan apalagi jika kita memiliki file gambar yang cukup banyak untuk diupload. Tapi, aku belum nyobain layanan image-hosting yang lain, mungkin ada layanan selain diatas yang menyediakan storage besar, tidak ada limit apapun untuk tiap filenya, dan fasilitasnya tetap bersaing dengan dua layanan diatas?. Januari kemarin, Matt mengumumkan bahwa Wordpress.com telah menaikan upload-storagenya menjadi 3GB untuk kepada semua usernya, artinya ini untuk user yang mendaftar dengan free di Wordpress. Saat itu dia bilang bahwa Blogger hanya memberikan 1GB untuk free-usernya, entah apa sekarang masih tetap segitu. Yang jelas berita ini januari kemarin sempat bikin girang bukan kepalang, rasanya bangga dan seneng juga punya layanan yang terus growing-up gini, meskipun pada saat itu aku belum tahu mau diapakan space segitu besar.

Belakangan ini setelah sudah ngga bisa berkompromi dengan limitasi Flickr dan PhotoBucket, sempat kepikiran gimana kalau semua foto diletakan di Wordpress, entah pakai account yang sudah ada atau bikin account baru. Kenapa menggunakan Wordpress? pertama spacenya yang cukup besar yaitu 3GB, kemudian tidak ada limit filesize ataupun dimensi untuk tiap gambar yang diupload, selama formatnya didukung oleh Wordpress, maka tidak ada masalah. Perlu diingat juga bahwa Wordpress juga mendukung beberapa format dokumen word-processor, spreadsheet dan beberapa format file lainnya (jpg, jpeg, png, gif, pdf, doc, ppt, odt). image Caranya? Cukup mudah tapi jelas lain dari cara yang biasa digunakan di layanan image-hosting seperti Flickr ataupun PhotoBucket. Pada Wordpress, pertama kita masuk dulu ke Admin Page, kemudian klik link "Write" untuk membuat tulisan baru, sebenarnya kita tidak akan membuat tulisan baru, melainkan akan mengupload file yang upload-linknya hanya ada di halaman Write ini. image Oke, setelah masuk di halaman Write Post, klik link "Add an Image" yang ada dibagian Add Media, setelah itu pilih file gambar dan secara otomatis akan muncul Loader selama gambar tersebut diupload, kemudian setting tampilan gambar (yang ini terserah) lalu klik Save Changes. Sekarang gambar telah masuk, kita bisa mengakses gambar tersebut melalui halaman Manage->Media Library.

Sekarang yang menjadi masalah adalah albumnya, Wordpress (mungkin) belum menyediakan fasilitas untuk membuat album dari semua atau beberapa gambar yang telah diupload, jadi terpaksa kita membuat sebuah page atau postingan baru di Wordpress atau website lain yang isinya adalah gambar-gambar yang ada di Wordpress, prosesnya cukup mudah jika menggunakan Write Page yang ada di Wordpress, dan bisa diedit setiap saat. image Triknya agar tidak terlalu merepotkan, mungkin menggunakan cara biasa, yaitu kita mengupload semua foto kita setelah melakukan suatu event (liburan ke pantai misalnya), kemudian semua foto ditampilkan dalam bentuk thumbnail pada sebuah postingan/page di Wordpress. Membuat thumbnail tersebut di website lain untuk tujuan mempercantik tampilan juga bisa, tapi proses loading gambar mungkin akan lebih lama.

Mudah-mudahan saja kedepannya Wordpress mau memberi space yang lebih besar serta dukungan format file yang lebih banyak :-D ps : gambar pertama diambil dari www.hec.ca [digg=http://digg.com/programming/Gudang_foto_di_WordPress]





© Dedy Purwanto | Archives