Dedy Purwanto

Blokir YouTube dihari April Mop

02 Apr 2008

Kemarin, aku sempat membaca berita yang "lumayan" heboh terutama untuk warga pengguna internet di Indonesia, Youtube akan diblokir oleh pemerintah Indonesia . Ya, situs yang telah memberikan jutaan konten edukatif, pengetahuan, dan sekian banyak konten-konten positif kepada warga Indonesia itu akan segera diblokir hanya karena disana terdapat film berjudul " Fitna ".

"Fitna" memang sedang panas-panasnya, film berdurasi 17 menit itu telah membuat sebagian umat Islam marah. Tapi rasanya tidak adil jika harus memblokir YouTube hanya karena film itu ada disana.

Pertama adalah, user tidak akan langsung melihat video tersebut pada saat masuk ke YouTube, hanya yang melakukan searching saja yang akan mendapatkan video tersebut. Terkecuali jika video tersebut masuk dalam list Featured Videos, atau Videos Being Watched Now. Jadi otomatis orang tidak kan melihat terkecuali dia benar-benar mencarinya (atau dengan kata lain, ingin menontonnya).

Kedua, apakah dengan memblokir YouTube, maka video itu tidak akan bisa ditonton oleh orang Indonesia?. Lantas bagaimana jika film itu diupload disitus lain? Mau blokir situs yang lain juga?. Atau pemerintah berfikir bahwa karena YouTube termasuk website bertraffic tinggi, maka dengan memblokir situs ini, akan cukup efektif untuk menahan netter tidak menonton ini. Hehe, netter tidak akan sebodoh itu, jika mereka ingin menontonnya, mereka pasti mencarinya, jika tidak di YouTube ya pasti ditempat lain, Google misalnya. Dengan keyword "Fitna" saja, kita bisa mendapatkan sejumlah result yang langsung menuju ke videonya, yang pasti tidak hanya di YouTube, blog sutradaranya juga menampilkan video tersebut. Belum lagi dengan netter-netter yang sudah mendownload file video tersebut, yang ini jelas susah diberantas, mereka menyebar video ini secara sosial : copy via pendrive/hardisk, burning ke cd, atau nonton rame-rame bareng teman.

Lantas apa gunanya blokir situs YouTube?. Entah apa rencana seperti ini diluar batas kemampuan berfikirku atau memang ini ide bodoh, yang jelas banyak sekali konten positif di YouTube yang bisa membuka mata kita terhadap dunia luar. Software dev, robotika, elektronik, seni, dan jutaan konten lainnya disediakan di YouTube secara gratis dan berhasil menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif, yang begini masa mau ditutup?.

Uhm, tapi mari kita lupakan sejenak, lihat tanggal beritanya di DetikInet, 1 April 2008 , huh? don't you guys know yesterday is April Fool's Day . Damn!, apakah ini bener-bener diboongin?, atau pemerintah memang serius?, btw pemerintah tau april mop nggak ya?.. note : I also put this in the joke category to let you know this is not a serious topic, please reply politely and have fun with April mop, don't talking about religious topic.





© Dedy Purwanto | Archives