Dedy Purwanto

Software ITS Ubah Por*o Jadi Tak Por*o

29 Mar 2008

Menarik sekali, PENS-ITS akan meluncurkan piranti lunak yang akan membaca pattern poro dalam tiap multimedia content dan mengubahnya menjadi tidak poro. Seperti apa tekniknya, kalau diberita, mereka bilang gini : Irvan menjelaskan, piranti lunak tersebut menggunakan sistem image processing dengan basis pemrograman bahasa C. Dengan demikian, paparnya, piranti lunak pendukung UU ITE itu dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Linux dan Windows. Wow, maksudnya baca pattern gambar raster per-pixel dan mencocokannya dengan pattern-pattern yang mereka miliki?.

Programmer diseluruh dunia membuat code setengah mampus hanya untuk membaca huruf/angka yang ada pada captcha rapidshare/yahoo, itupun tingkat kesalahannya masih ada. Software image-comparison butuh puluhan menit untuk membaca dan mencocokan duplikasi file image (dengan teknik image-processing) yang ada dihardisk, dan itu semua masih dilakukan dalam single frame!.

Lantas seperti apa bentuk kode yang bisa mencocokan pattern por*o dalam multimedia content? yang memiliki ratusan frame (video) ?. Seakurat apa hasilnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan?. Apalagi jika diletakan kedalam satu server dan dipasang sebagai service? Server yang sekarang saja sudah cukup sibuk dengan konten yang keluar masuk hampir tanpa filtering system, jika kali ini dibuat filtering system seperti diatas, seperti apakah nasib server :roll:

Kali ini aku nggak mau ngebahas tentang kontennya yang por*o atau tentang UU ITE, aku hanya penasaran abis teknik image-processing seperti apa yang mereka pakai sampai-sampai piranti lunaknya bisa sejenius ini. Mudah-mudahan bukan omongan sepintas aja, karena jika memang benar-benar dirilis dan terbukti efektif, ini bakal jadi kemajuan dunia programming yang besar di Indonesia :D

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/03/tgl/29/time/150013/idnews/915343/idkanal/399





© Dedy Purwanto | Archives