Dedy Purwanto

EasySMS

07 Jan 2008

Tarif sms antar negara itu mahalnya seanjrit-anjrit, temankuw pake kartu AS (secara tarifnya rp1000/sms), dan kami biasanya sms-an hampir 40-100 kali setiap harinya (pas lagi di indo), soalnya kita sama-sama pake kartu AS, jadi sms-annya bisa murah (Rp. 99/sms). Nah kalau tetep sms-an antar negara, seharinya bisa abis sekitar rp.50.000 tuh. Berawal dari situ, aku mulai cari alternatif, belakangan ini kan lagi asik browsing pakai Simpati yang tarif GPRSnya Rp.12/kb, kenapa nggak aku manfaatkan aja jalur GPRS buat sms-an ya?. Maka terbentuklah EasySMS, yaitu sebuah portal yang bisa dipakai untuk mengirim pesan-pesan dan menyimpannya ke database, temankuw akan ngebuka portal ini melalui ponsel, dan mengecek apakah ada inbox yang masuk atau enggak. Satu kali akses berkisar antara 600-950 bytes, artinya sekali cek inbox adalah Rp.12. Dan dibagian frontpage portal tersebut juga ada kolom untuk mengetik pesan, dimana pesan yang diketik akan dikirim ke inboxku, dan biaya kirimnya tetap berkisar Rp.12, terkecuali kalau karakternya 1000an lebih.Tapi aku masih nggak puas sampai disitu, tarif yang relatif murah ini bisa dimanfaatin, gimana klo ada fasilitas kirim foto?. Yes!, jadi tiap kali temankuw ada acara apa gitu, bisa langsung jepret dan kirim, ponselnya kan punya kamera 1.3 megapixel, setiap kali jepret filesizenya berkisar antara 20-23kb. Nah, maka aku langsung tambahin aja satu field utk masukin foto, foto itu juga akan di upload ke server, misalkan size fotonya adalah 22kb, 22 * Rp.12 = Rp. 264. Hehehe.. lumayan murah juga.

Jadi kalau diitung-itung, sms-an tanpa foto: - Buka portal EasySMS untuk ngecek inbox = 600-950bytes = Rp.12 - Kirim Pesan = Rp. 12 Total = Rp. 24 1. Tampilan punya saya dari PC image 2. Tampilan punya teman dari ponsel image 3. Si saya kirim foto plus pesan image 4. Si teman terima pesan image 5. Si teman bales pesan image 6. Si saya dapet balesan image Memang kekurangannya ada di notifikasi, portal EasySMS nggak punya notifikasi otomatis kalau ada pesan baru, sehingga user harus rutin cek inbox, tapi cek inbox juga nggak mahal kok. Dan kirim foto juga nggak lebih dari Rp. 500 :-D

Maka jadilah EasySMS, saat ini hanya bisa dipakai untuk 2 user, yaitu saya dan teman (hehehehehe…). Si saya ngecek inboxnya dari PC (soalnya tiap hari bisa online di PC), dan si teman ngecek inboxnya dari ponsel dengan kartu Simpati. Sekarang saya dan teman bisa kirim-kiriman sms, kirim-kiriman foto dengan biaya relatif murah, nggak ada batasan karakter, pesan bisa di save di folder tersendiri, ada report sent items, dll. Ponsel yang dipakai adalah Nokia3230, kalau cuma kirim pesan biasa, bisa pakai browser bawaan Nokia 3230, tapi kalau mau kirim foto, pakai Opera Mini Browser.

Tapi kasian deh si saya, setelah EasySMS jadi, ternyata nggak dipake karena.. ehm ehm, ada aja! :p. gpp ah, itung-itung belajar2 web lagi.., klo nggak bisa sms-an, ya telpon :-p.

So, buat yang mo nyoba, silahkan deh di ubek-ubek : www.smka-smr.sch.id/cebong/easysms/?s=teman www.smka-smr.sch.id/cebong/easysms/?s=saya





© Dedy Purwanto | Archives