Dedy Purwanto

Situs SMKN7 berubah template

02 Sep 2007

Pagi ini, dakuw iseng-iseng buka website SMKN7 Samarinda . Oh iya, SMKN7 Samarinda adalah salah satu sekolah kejuruan Teknologi Informasi di Kalimantan Timur , jadi tentu ada banyak orang TI disana. Back to the topic, website ini memakai CMS Joomla! , dan templatenya sudah dimodifikasi dan ditambahkan banner. Template website SMKN7 yang sebelumnya memang memiliki beberapa bagian tidak jelas ketika kita membukanya. Hari ini template tersebut dirubah lagi, dan menurut dakuw pribadi sih, malah tambah ancur (maap) :-D. Hmm.. header first : image Situs sekolah (apalagi sekolah negri), harusnya mencerminkan sebuah formalitas. Tapi kalau dakuw melihat header yang satu ini, jadi ingat festival musik rock :-D. Font dan style yang bener-bener nggak sesuai dengan tema sekolah (menurut dakuw), juga tidak adanya logo sekolah, yang ada malah logo Pemkot!. Di header tersebut juga ada link yang nggak jelas, sepertinya untuk merubah ukuran font, but it's not working on firefox . Tapi apa pentingnya link untuk merubah font?, even I never see any links to resize font on any websites before. Dan beberapa bagian di header yang bisa dinilai sendiri.

Bagaimana dengan left blocks? : image Mungkin dakuw akan lebih mengerti jika teks "Beranda" diganti dengan "Menu Utama", atau "Menu", atau yang sejenisnya :-D image Semoga saja kedepannya website ini nggak dikerjakan secara buru-buru, supaya semua teks bisa dicek ulang sebelum di publish. image Begitulah, nggak boleh buru-buru pengen jadi, semuanya teks harus dicek ulang :D. image Untung dakuw masih bisa mengerti apa maksud "Kemarin" dan "Hari Ini".. Mungkin kedepannya teks tersebut bisa diganti? image Banner yang selalu nongol muncul meskipun halaman sudah beberapa kali dibuka. Entah memang ditujukan agar pengunjung benar-benar mau membaca banner itu, atau sebenarnya sang admin ingin banner tersebut muncul sekali saja tapi nggak tau caranya. Dan beberapa hal yang mungkin bisa dinilai sendiri saat mengunjungi website tersebut.

Sayang banget kalau sekolah negri (apalagi sekolah TI) nggak punya perencanaan yang matang dalam pengembangan website. Meskipun kita bisa lihat pesan sang admin yang mengatakan bahwa website tersebut sedang terus dikembangan menjadi lebih baik, tapi kesalahan-kesalahan seperti yang ditampilkan diatas adalah kesalahan yang sangat umum, better you check it 2 times before publishing.

Semoga tulisan ini nggak dinilai sebagai hinaan. Dakuw dulu pernah mendapati salah satu entry pengunjung yang isinya nasehat tentang website, entry tersebut ada di bagian buku tamu, tapi entah kenapa sekitar 2 hari kemudian entry tersebut sudah menghilang. Dihapuskah oleh sang admin?. Karena itulah dakuw lebih suka membahasnya melalui blog, more safe :-D.

Oke deh, semoga website SMKN7 dan website-website sekolah di Kaltim menjadi lebih baik kedepannya. Amin.





© Dedy Purwanto | Archives