Dedy Purwanto

KalTimProv.go.id is now P*ngecut

08 Aug 2007

Iseng-iseng di siang bolong buka milis IT-Kaltim . Disitu terdapat satu thread baru yang berisikan seperti ini :

kaltimprov.go.id

beberapa hr ini sy coba buka situs kaltimprov.go.id, kok gak bs yah....? padahal ini proyek milyaran, tp aksesnya lambat bgt.... apa krn yg ngerjain bukan org kaltim yah??? Rgds, Budi
Kebetulan, SMKTI Airlangga dulu sempat mengelola server KaltimProv.go.id selama beberapa hari (atau minggu?), tapi sayangnya project tersebut telah diambil alih oleh salah satu tim IT dari ITB (CMIIW).

Website yang dulunya menggunakan salah satu CMS (lupa namanya) sudah memiliki konten yang sangat lengkap dan up-to-date. Kemudian setelah terjadi kerusakan dari sisi webserver (dimana masa kontrak dengan tim web developer yang telah habis-CMIIW), sehingga ditunjuk beberapa tim untuk memperbaiki webserver dan webmail (termasuk SMKTI Airlangga ). Bahkan berita tentang tidak dapat diaksesnya website tersebut sempat mencuat di milis IT-Kaltim .

Yup, setelah server berhasil running kembali (masih menampilkan website yang lama), nothing's wrong with it dan tim IT melanjutkan pekerjaan mereka ke bagian webmail. Namun sayangnya, website yang sebenarnya sudah running dan tidak ada masalah teknis tersebut akhirnya dirubah ke versi terbaru (Joomla, CMIIW) oleh tim IT yang baru. Dan dakuw melihat satu kalimat kep*ngecutan dari siapapun yang telah menginstall CMS tersebut : image Bagi dakuw pribadi, meskipun bukan seorang web developer yang berpengalaman, kalimat tersebut (Best View on *) benar-benar memalukan, apalagi untuk sekelas tim IT elit yang mengerjakan website bernilai milyaran rupiah, tidak bisakah kalian membuat template yang cross browser?. Setahu dakuw CMS Joomla tidak pernah menyertakan kalimat tersebut secara default, template gratisan pun hampir tidak ada (CMIIW) yang menyertakan kalimat tersebut (yang berarti kalimat tersebut ditulis sendiri). Bahkan di website SIPSA yang SMKTI Airlangga bangun tanpa mengeluarkan satu sen pun, tidak terdapat segelintir kalimat yang menyarankan user memakai browser tertentu.

Maaf kalau topik ini terkesan nge-flame. Tapi dakuw hanya ingin berpesan sesuatu, browser kan sekarang banyak om, ada ga cuma firefox dan IE aja, ada opera, netscape, flock, torpark, mac safari, macem2 deh. Project website mahal-mahal kok keok sama browser.. Sebenarnya yang seperti ini udah umum, tapi berhubung ini website pemprov Kaltim dan dakuw orang Kaltim, jadi ada baiknya dakuw nulis ini, itung-itung masukan. Dan jangan dipikir bahwa dengan tulisan ini dakuw pengen mencalonkan diri jadi backbone IT disana, ga lah, dakuw have an another plan...

Untunglah yang punya web gak nambahin, "on 1024x768 with Windows XP SP2" Huehehehe.. j/k deh :D





© Dedy Purwanto | Archives