Dedy Purwanto

XMLGuestBook

12 Jul 2007

Klo mau masang guestbook di web, mungkin sering berfikir, “wah, repot pasang database lagi, bikin script lagi, bla..bla..bla”. XMLGuestBook adalah script guestbok siap pakai, dan karena tidak pakai database, jadi bisa langsung dipasang, tentunya web server yang dipakai harus semprot support PHP.

Pertama, donlot XMLGuestBook kemudian ekstrak & upload ke folder website (mis: http://kecebong.madpage.com/), kemudian masukan kode ini :

  1. include "xmlgb.php" ; // memasukan file xmlgb

  2. xmlgb_show ( ) ; // menampilkan XMLGuestBook

Oh iya, sebagai catatan kalau kalian menggunakan subfolder untuk meletakan XMLGuestBook, maka jangan lupa memodifikasi file xmlgb.php. Cari kode berikut pada file xmlgb.php: define(“_PATH”,””) Kemudian ganti dengan folder yang digunakan untuk meletakan XMLGuestBook, misalkan untuk http://kecebong.madpage.com/guestbook/xmlgb : define(“_PATH”,”guestbook/xmlgb/”); Kemudian.. tada :D . Untuk memanajemen komentar, buka saja file data.xml, kemudian hapus/edit komentar-komentar yang ada, untuk menghapus komentar, hapus semua baris pada data.xml dan sisakan satu baris pertama.

Kita juga dapat memodifikasi bahasa dan tampilan melalui file xmlgb.php, silahkan ubah beberapa konfigurasi yang ada sesuai keinginanan. Dan jangan lupa komentar, saran dan feedbacknya ya, udah lama nih nggak kirim posting di portfolio :D . Donlot XMLGuestBook





© Dedy Purwanto | Archives