Dedy Purwanto

Kelas Laptop di SMKTI Airlangga

21 Jul 2007

Tahun ini akan dimulai program baru SMK TI Airlangga Samarinda yang diberi nama" Kelas Laptop" dimana 1 kelas berisi 20 siswa yang masing-masing akan memiliki laptop yang menjadi alat belajar utama bagi siswa. Konsep kelas ini bisa jadi adalah yang pertma kali diterapkan di Indonesia. Dalam proses belajar, siswa dan guru akan mulai menggunakan materi belajar digital, sumber belajar juga akan diperoleh dari sumber digital seperti Internet yang bisa langsung diakses dari kelas melalui fasilitas hotspot sekolah yang sudah ada sejak 2 tahun lalu.

Berita tersebut dakuw ciduk ambil dari website SMKTI Airlangga . Ya, pernahkah ada SMK jurusan TI di Kalimantan Timur yang pernah menghasilkan kelas seperti ini sebelumnya?. Maaf jika pengetahuan dakuw terbatas, tapi rasanya belum ada. Mungkin beberapa tahun silam ada juga yang pernah mencanangkan program seperti ini (termasuk SMKTI Airlangga). Tapi sayangnya belum bisa terwujud dikarenakan berbagai macam kendala pada masa itu.

Selama 3 tahun menjejaki bangku SMK di sana, dakuw termasuk golongan orang yang kerap disebut fakir bandwith, mencari koneksi internet di sana-sini termasuk di lab sekolah (yang berlaku gratis untuk siswa). Sering kali dakuw mampir ke sekolah meskipun hari libur, hanya untuk mendapatkan koneksi internet. Banyak sekali yang ingin dakuw cari di internet, tapi dengan keterbatasan tempat dan waktu, semua kesenangan ( internet ) itu hanya seperti mimpi.

Kini, kelas laptop telah didepan mata, siswa-siswi baru yang memegang papan-lipat dilengkapi wifi itu tentu tidak perlu merasa risau dengan koneksi, cukup nyalakan dan browsing sesuka hati. Dulu, dakuw sering ngutak-ngatik script dirumah, waktu ketemu masalah ya lari ke warnet atau ke sekolah. Sekarang, mereka tidak perlu seperti itu, ketemu trouble ya langsung aja buka browser dan googling.

Selamat deh buat siswa-siswi baru SMKTI Airlangga, sekarang dan selanjutnya akan selalu ada inovasi dan prestasi-prestasi yang gemilang untuk SMKTI Airlangga, dan kalian para siswa-siswi, adalah pemain-pemain utamanya. Buatlah standar yang tinggi untuk sekolah kita, dan jangan pernah lepas dari komunitas internet.

Kembali ke laptop!.





© Dedy Purwanto | Archives